Cara Menggunakan Fungsi Extrude Pada AutoCad

Posted by Iyan Supriyadi Selasa, 04 Desember 2012 1 komentar
Tulisan kali ini saya akan membahas mengenai fungsi EXTRUDE pada program AutoCad dengan penjelasannya. Extrude adalah salah satu fungsi pada autocad yang digunakan untuk memberikan suatu ketebalan tertentu pada suatu bidang objek 2D. Agar suatu objek 2D tersebut dapat dikenakan perintah Extrude maka haruslah object 2D tersebut berupa objek garis yang saling terhubung/tertutup dan berupa garis satu kesatuan/polyline. 
Perintah extrude dalam AutoCad biasanya dipergunakan oleh seorang drafter atau designer untuk mempermudah pekerjaannya dalam membuat gambar 3D dari gambar 2D karena dengan memberikan perintah extrude tersebut seorang drafter tidak lagi kesulitan untuk membuat objet 3D melalui gambar 2D yang telah dia buat sebelumnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikanlah contoh yang saya berikan dibawah ini :

  • Merubah object 2D  sebuah kotak sama sisi menjadi sebuah kubus menggunakan perintah Extrude.
Buatlah sebuah kotak sama sisi pada bidang kerja dengan format 2D view kemudian berikan ketebalan terhadap kotak tersebut dengan menggunakan perintah extrude sehingga kotak yang telah kita buat akan mempunyai ketinggian. Setelah itu rubahlah sudut pandang menjadi pandangan 3D SW isometric. Sebelum  mengikuti instruksi seperti yang saya berikan dibawah ini, sebaiknya pindahkan titik origin UCS ke tengah layar kerja anda agar mudah untuk melihat dan mengatur titik koordinatnya sehingga instruksi yang saya jelaskan sama persis dengan yang anda lakukan.
Command: _rectang
Specify first corner point or [Chamfer/Elevation/Fillet/Thickness/Width]: 0,0
Specify other corner point or [Area/Dimensions/Rotation]: 50,50
Command: extrude
Current wire frame density:  ISOLINES=4
Select objects to extrude: 1 found
Select objects to extrude:
Specify height of extrusion or [Direction/Path/Taper angle] <60.0000>: 50

Extrude
Dari contoh diatas dapat dijelaskan bahwa, berawal dari sebuah objek 2D yaitu kotak sama sisi dirubah menjadi sebuah objek 3D yaitu kubus dengan memberikan ketebalan/ketinggian pada objek 2D tersebut menggunakan perintah extrude. Perintah extrude tidak terbatas penggunaannya pada object kotak saja tetapi perintah extrude tersebut bisa juga diterapkan ke sembarang bidang gambar 2D dengan syarat bidang gambar 2D tersebut adalah garis yang saling terhubung atau object yang berada dalam satu kesatuan. 

Bagaimana, pastinya sekarang anda sudah memahami maksud dan fungsi perintah Extrude ? Semoga tulisan singkat ini dapat membantu anda dalam memahami AutoCad, Jika memang masih ada yang kurang atau perlu diperjelas silahkan kasih masukan dikolom komentar dibawah !  
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menggunakan Fungsi Extrude Pada AutoCad
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2012/12/cara-menggunakan-fungsi-extrude-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

1 komentar:

Shikamaru Nara mengatakan...

makasih sudah share
Tang buka lcd

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment