AutoCAD Tutorial, Cara Membuat Rantai Stainless Stell

Posted by Iyan Supriyadi Senin, 10 Juni 2013 0 komentar
AutoCAD
Cara Membuat Rantai Pada Program AutCAD
Tutorial ini membahas sedikit tip dan trik bagaimana cara membuat rantai pada program AutoCAD. Tutorial ini saya buat menggunakan AutoCAD 2010, tetapi langkah-langkah yang dijelaskan disini dapat juga anda lakukan dengan menggunakan AutoCAD versi sebelumnya atau yang terbaru. Karena secara prinsip perintah ataupun tool yang digunakan pada semua versi AutoCAD sama saja., walaupun ada beberapa penambahan fitur-fitur terbaru tetapi dasar kerjanya jika anda sudah terbiasa menggunakan AutoCAD maka anda akan mudah dan tidak akan lama untuk beradaptasinya. 
Ok .... pada tutorial cara membuat rantai stainless steel ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
Langkah 1  
Buatlah dua buah lingkaran radius masing-masing 10 mm dengan jarak garis tengah antara kedua lingkaran tersebut 25 mm. 
Tutorial
dua buah lingkaran dengan jarak garis tengah 25 mm
Langkah 2  
Kemudian buat lagi dua buah lingkaran ( tan tan radius ) radius masing-masing 20 mm dengan sudut tangent masing-masing lingkaran tersebut berada pada tangent kedua lingkaran sebelumnya. 
Menggunakan perintah lingkaran Tan, Tan, Radius

Hasil penggabungan semua lingkaran
Langkah 3 
Gunakan tool Trim untuk menghilangkan bagian-bagian lingkaran tersebut yang tidak diperlukan lalu gunakan perintah Region untuk menjadikan bagian-bagian lingkaran yang telah dipotong tersebut menjadi satu kesatuan. Lihat pada contoh gambar hasil Trim dan Region dibawah ini. 
Trim
Hasil trim dari objek lingkaran 
Langkah 4 
Kemudian buat lagi 2 buah lingkaran dengan radius7 mm dengan titik tengah masing-masing lingkaran tersebut berada tepat di titik tengah dari kedua lingkaran sebelumnya. Lihat contoh pada gambar dibawah ini : 
Langkah 5 
Pada langkah ini, kita akan membuat dua lingkaran kecil lainnya dengan radius lingkaran yang pertama 6.8 mm dan radius lingkaran kedua 6 mm. Titik tengah dari lingkaran-lingkaran kecil ini kita letakkan tepat pada titik tengah kedua lingkaran sebelumnya. Lingkaran-lingkaran kecil inilah yang nantinya akan kita jadikan sebagai sumbu as untuk merangkai rantai tersebut.
Langkah 6 
Pada langkah 1 sampai dengan langkah 5, objek yang telah kita buat masih berupa objek 2 dimensi sedangkan untuk menyelesaikan pembuatan rantai kita harus merubahnya menjadi objek 3 dimensi. Setelah langkah 1 sampai dengan 5 telah kita lakukan dengan benar,  maka pada proses selanjutnya adalah menjadikan object 2 dimensi tersebut menjadi objek 3 dimensi solid. Ok.... berikut ini penjelasannya : 
Gunakan perintah Extrude untuk merubah objek tersebut menjadi obyek solid dan berikan ketinggian Extrude tersebut pada masing-objek tersebut. Berikan ketinggian 1 mm untuk objek yang sebelumnya telah di region dan pada lingkaran yang mempunyai radius 7 mm ( lihat gambar objek yang dimaksud  pada langkah 4 ). Lalu gunakan juga perintah Extrude pada kedua lingkaran didalamnya dengan berikan nilai ketinggian sebesar 17 mm. 

Extrude
Menggunakan Perintah Extrude 
Langkah 7
Untuk melihat hasil dari perintah Extrude tersebut, ubahlah sudut pandang menjadi SW Isometric 
SW Isometric View
SW Isometric View
SW Isometric
Objeck tampak pandang SW Isometric
Untuk melihat object pandangan SW Isometric tersebut dalam bentuk solid, maka ubahlah Visual Styles nya menjadi Conceptual

Sehingga tampilannya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini :
Conceptual
Langkah 8 
Gunakan perintah subtract untuk membuat lubang pada lingkaran tersebut sebagai sumbu. 
Subtract
Command Subtract
Maka akan terlihat hasilnya seperti ini pada contoh gambar dibawah ini : 
Subtract
Hasil dari subtract
Oh... oh  mohon maaf dikarenakan waktu sudah malam ditambah saya mulai mengantuk serta masih ada kewajiban saya esok hari di kantor maka tulisan langkah-langkah selanjutnya akan saya lanjutkan di lain waktu dan kesempatan. Tetapi jangan khawatir jika anda tetap inginkan lanjutannya, anda bisa lihat dan pelajari langsung pada video tutorial dibawah ini : 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: AutoCAD Tutorial, Cara Membuat Rantai Stainless Stell
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/06/autocad-tutorial-cara-membuat-rantai_10.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment