Cara Membuat Denah Rumah Dengan AutoCAD

Posted by Iyan Supriyadi Minggu, 07 Juli 2013 0 komentar
Denah rumah atau siteplan biasanya hal yang pertama kali dibuat oleh seorang drafter ketika mereka akan mendesain sebuah rumah ataupun sebuah kawasan tata kota. Denah atau siteplan ini menginformasikan luas area bidang yang akan dibangun sebuah rumah ataupun kawasan tata kota tersebut. Dengan adanya denah atau siteplan yang telah dibuat maka seorang drafter akan mudah untuk memulai rancangannya dari segala aspek. 
Pada tulisan saya kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara membuat denah rumah dengan menggunakan AutoCAD 2010. Tulisan ini adalah bagian tahap awal dari tutorial saya tentang bagaimana "Cara Membuat Desain Rumah Dengan AutoCAD" dan Anda dapat mempelajari bagian-bagian yang lainnya dengan membaca tutorial tersebut. 

Untuk membuat denah rumah dengan menggunakan AutoCAD 2010 berikut adalah langkah-langkahnya :
  1. Buka program aplikasi AutoCAD pada komputer Anda. 
  2. Setting Units yang akan dipakai melalui Menu > Drawing Utilities > Units 
    AutoCAD
  3. Setelah itu akan muncul menu Drawing setup. Pada menu ini aturlah satuan ukuran yang ingin anda gunakan. Untuk tutorial ini saya menggunakan satuan millimeter ( mm ). 
  4. Lalu pada tab scale aturlah skala yang akan digunakan dan untuk tutorial ini saya menggunakan skala 1 : 100 .
  5. Aturlah sudut pandang gambar ke arah sudut pandang Top melalui menu View. 
Ok, sampai sini kita sudah mengatur area kerja yang akan kita buat. Tahap selanjutnya kita bisa memulai membuat denah rumah dengan menggunakan garis layer yang telah kita buat sebelumnya. Jika Anda belum mengetahui bagaimana cara membuat dan mengatur layer anda bisa lihat pada tulisan saya yang membahas bagaimana "Cara Membuat Layer Pada AutoCAD". Lalu buatlah denah rumah yang Anda inginkan, tetapi saya sarankan sebagai bahan latihan buatlah denah rumah seperti yang sudah saya buat berikut ukurannya agar mempermudah Anda untuk mempelajari tutorial saya selanjutnya yaitu "Cara Membuat Dinding Rumah Pada AutoCAD". Lihat contoh denah rumah pada gambar dibawah ini :
Denah rumah
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Denah Rumah Dengan AutoCAD
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/07/cara-membuat-denah-rumah-dengan-autocad.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment