Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture ( bag 2 )

Posted by Iyan Supriyadi Minggu, 21 April 2013 3 komentar
Mohon maaf untuk teman - teman dan para pembaca yang mungkin menunggu lama lanjutan tutorial saya sebelumnya yaitu Cara Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture, pada tutorial itu memang saya belum kumpas tuntas hal ini dikarenakan  waktu dan aktivitas kesibukan saya di dunia nyata. Untuk itu maka pada kesempatan ini saya akan melanjutkan tutorial tersebut.
Pada akhir tutorial tersebut jika saya tidak salah adalah sudah sampai pembahasan pembuatan denah dan tampak orbit 3D seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini :

Atau jika anda yang belum membaca artikel sebelumnya, bisa anda baca terlebih dahulu di Cara Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture agar anda mengerti juga awal tutorial ini.
Ok...kita lanjutkan kembali pembahasannya. Pada gambar diatas masih terlihat belum adanya jendela  serta dinding pada area carport dan teras taman masih terlalu tinggi maka kita harus merubah agar terlihat lebih baik dengan menambahkan beberapa jendela dan menurunkan ketinggian dinding tersebut. Sebagai informasi tambahan untuk anda, bahwa standart awal dari dinding yang kita buat mempunyai ketinggian 3000 mm atau 3 m. Secara umum dinding pada luar rumah atau teras taman mempunyai ketinggian 1500 mm atau 1,5 m sebagai pagar. Jika pagar rumah terlalu tinggi itu kurang baik karena akan mengurangi sosialisasi dalam hidup bermasyarakat oleh karena itu pada tahap awal ini kita akan menurunkan ketinggian dinding pagar tersebut.
Menambahkan jendela ke dinding 


  • Pada Ribbon > klik design tool 


    • Pada menu tool palletes > klik tab Windows , pilih type jendela yang akan kita gunakan
    • Klik pada dinding yang akan kita berikan jendela tersebut, kemudian atur letak dan posisi jendela tersebut. 

    Mengurangi ketinggian dinding pagar
    • Klik pada dinding-dinding yang akan kita rubah ketinggiannya, maka akan muncul kotak dialog properties. Pada Base Height masukan angka 1500 sebagai ketinggian dinding yang telah kita klik. 

    • Jika langkah di atas kita lakukan dengan benar maka akan terlihat perubahan pada ketinggian dinding depan rumah tersebut dan adanya jendela pada dinding. Lihat pada gambar dibawah ini : 



    Setelah proses pembuatan denah rumah yang bisa diartikan kita telah membuat dinding-dinding maka langkah selanjutnya adalah pembuatan atap rumah dan beberapa komponen exterior yang menurut kita diperlukan untuk membuat rumah agar terlihat lebih cantik. 
    Ok untuk langkah-langkah dalam pembuatan atap rumah adalah sebagai berikut :
    • Pada Ribbon klik > Design Tool, perhatikan gambar di bawah ini.
    • Pada menu tool palletes > klik tab Roofing, pilihlah jenis atap rumah yang akan digunakan.
    • Lalu letakan pada posisi yang akan anda buat menjadi atap rumah, lihat pada contoh gambar di bawah ini atap tersebut akan terlihat berupa garis putus-putus. 
    Sehingga jika kita gunakan orbit 3D maka akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

    Ups mohon maaf tutorialnya akan saya lanjutkan di kesempatan yang lain. Jangan khawatir jika anda sering berkunjung kesini pastinya tidak akan ketinggalan lanjutan tutorial ini...........Bersambung

    Update lanjutannya :
    TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
    Judul: Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture ( bag 2 )
    Ditulis oleh Iyan Supriyadi
    Rating Blog 5 dari 5
    Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/04/cara-merancang-rumah-dengan-autocad.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

    3 komentar:

    Unknown mengatakan...

    autocad memang banyak yang pakai, bagus artikel nya bro, bagaimana dengan ArchiCad?

    Iyan Supriyadi mengatakan...

    Makasih mas bro atas masukan dan sarannya. Hal ini menjadi masukan yang baik. Karena blog ini masih dalam tahap pengembangan maka saya fokuskan terlebih dahulu pada AutoCAD, selanjutnya nanti mungkin akan saya bahas juga mengenai ArchiCAD

    sobat budiasa mengatakan...

    Selamat Siang

    Selamat berkarya dalam dunia design, sukses selalu dalam karya-karyanya

    Posting Komentar

    Facebook Page

    trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

    Recent Coment