Cara Membuat Dan Mengatur Kepala Gambar Pada AutoCAD

Posted by Iyan Supriyadi Sabtu, 11 Mei 2013 4 komentar
Pada kesempatan tulisan saya kali ini, saya tidak melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya yang berjudul Cara Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture ( bag 2 ) tetapi tulisan kali ini saya buat spesial dikarenakan ada permintaan khusus dari para pembaca halaman ini yang ingin tahu bagaimana cara memasukan gambar ke etiket gambar. Pada tulisan yang berjudul Cara Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture ( bag 2 ) adalah juga sambungan dari tulisan yang berjudul Cara Merancang Rumah Dengan Autocad Architecture
dikarenakan tutorial tersebut sangat kompleks dan perlu waktu yang lebih maka saya buat penjelasannya secara bertahap dan saya lanjutkan tulisannya setiap kali saya punya waktu luang yang panjang. Tetapi jangan khawatir setelah tutorial yang saya tulis bertahap itu selesai, maka nanti akan saya gabungkan dalam satu halaman penuh sehingga anda dapat langsung membaca dan mendownload tutorial yang sudah selesai dan lengkap tersebut. Dengan penjelasan saya di atas saya harap teman-teman semua bisa mengerti jika pada kesempatan kali ini saya menuliskan terlebih dahulu komentar permintaan dari salah seorang teman untuk dibuatkan tutorial bagaimana cara memasukan gambar ke etiket gambar.
Etiket gambar secara pengertian adalah sama dengan kepala gambar yaitu sebuah garis tepi bidang gambar yang berisi informasi-informasi teknis tentang gambar tersebut sehingga dapat menjelaskan secara rinci dan detail tentang informasi dari gambar yang dimaksud. Pada etiket gambar atau kepala gambar biasanya berisi informasi seperti judul gambar, nama dari yang menggambar, ukuran skala gambar yang digunakan, satuan unit metrik yang digunakan, dan banyak lagi informasi yang lainnya tergantung pada kebutuhan dari orang atau perusahaan yang membuat gambar tersebut. Ini salah satu contoh gambar dari tempat saya bekerja  yang telah dibuat dan dimasukan kedalam etiket atau kepala gambar.
Untuk membuat etiket atau kepala gambar tersebut dapat dilakukan secara manual dengan kita mendesign sendiri bentuk formatnya agar dapat kita isi dengan informasi yang sesuai dengan kebutuhan kita, tetapi format serta bentuknya tetap masih harus mengacu pada standart baku secara internasional ISO. Jika kita tidak ingin repot, kita dapat juga langsung menggunakan berbagai template atau etiket gambar atau kepala gambar yang telah disediakan oleh autoCAD dengan sedikit edit agar sesuai dengan informasi yang ingin kita sampaikan dan hal ini sudah pernah saya bahas sebelumnya di tulisan saya yang berjudul Cara Menggunakan Template Gambar AutoCAD
Sedangkan untuk tulisan saya kali ini lebih membahas bagaimana cara membuat dan memasukkan gambar pada etiket atau kepala gambar secara manual atau mendesign sendiri. 
Ok untuk langkah-langkahnya silahkan perhatikan penjelasan saya dibawah ini :
Buka file drawing yang telah anda buat atau anda dapat download file drawing contoh saya disini. Pada contoh ini saya memberikan contoh dengan file dari tempat kerja saya seperti yang dapat anda lihat diatas tulisan ini. Disini saya misalkan anda telah mempunyai file gambar tersebut dan ingin memperbanyak etiket gambar atau kepala gambar tersebut yang nantinya pada masing-masing kepala gambar tersebut akan anda masukan potongan gambar atau bagian-bagian dari gambar utama agar dapat memperjelas dan memperdetil bagian atau potongan gambar utama tersebut.
Berikut adalah langkah-langkahnya.
  • Pada layar gambar autoCAD, klik kiri pada mouse lalu tarik sampai menutupi seluruh gambar seperti yang terlihat pada contoh gambar di bawah ini : 

Pengertian dari contoh cara yang saya lakukan di atas adalah untuk mengcopy semua bidang gambar yang ada. Jika semua bidang gambar telah kita sorot maka gambar akan menjadi garis putus-putus. Lihat pada contoh gambar berikut di bawah ini : 
  • Kemudian klik kanan > basic modify tools > copy 
  • Kemudian arahkan mouse sejajar ke arah kanan dari bidang gambar untuk menentukan letak posisi gambar yang di copy tersebut. Sehingga setelah langkah-langkah ini kita lalui maka kita mempunyai dua gambar yang sama dan sejajar. 

  • Untuk langkah selanjutnya agar kita sama-sama saling memahami, maka sedikit saya berikan penjelasan. Pada gambar yang pertama kita anggap adalah gambar utama sedangkan untuk gambar yang kedua kita hanya akan menggunakan etiketnya saja atau kepala gambarnya saja yang nantinya kita perbanyak dan di isi oleh gambar bagian atau potongan detil dari gambar utama. Langkah selanjutnya kosongkan atau hapus gambar yang ada pada kepala gambar kedua seperti terlihat pada gambar di bawah ini :
  • Kemudian pilih semua gari kepala gambar kedua dengan cara seperti yang sudah saya jelaskan di atas yaitu dengan klik kiri pada mouse lalu tahan dan tarik hingga menutupi semua garis gambar pada gambar yang kedua. Setelah itu ketik Block pada command bar maka akan muncul tampilan menu Block. Berikan nama untuk block ini, dalam contoh ini saya berikan nama untuk block ini yaitu etiket. Jika sudah maka tekan ok untuk menyimpan block baru yang telah dibuat.
  • Setelah langkah-langkah di atas kita laksanakan maka garis gambar kedua yang kita dapatkan dari hasil mengcopy gambar pertama sudah menjadi sebuah Block pada AutoCAD. Dengan menjadi sebuah block maka gambar tersebut menjadi satu kesatuan, ini bisa dilihat jika kursor kita arahkan ke salah satu bagian dari gambar kedua tersebut maka semua bidang gambar kedua tersebut ikut menjadi garis putus-putus, hal ini menandakan bahwa gambar tersebut sudah menjadi satu kesatuan utuh. 
  • Untuk selanjutnya anda dapat memperbanyak kepala gambar tersebut dengan cara mencopynya atau melalui menu insert block.
Setelah dirasa cukup jumlah kepala gambar yang akan kita buat maka langkah selanjutnya adalah memasukan sebagian atau potongan dari gambar utama tersebut untuk diperdetil dengan pembesaran skala.

Demikian sedikit informasi dari saya semoga dapat membantu anda, 

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Membuat Dan Mengatur Kepala Gambar Pada AutoCAD
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/05/cara-membuat-dan-mengatur-kepala-gambar.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah masternya autocad ada di sini, saya pernah belajar ini tp kepala rasanya botak...

Iyan Supriyadi mengatakan...

hehehe makasih kunjungan sob, kepala boleh botak asal jangan dompet yang botak hehehe

yayakarianto mengatakan...

Makasih gan,penjelasan yg sangat mendetail.

Iyan mengatakan...

Sama-sama gan, terima kasih juga atas kunjungannya. Semoga dapat bermanfaat

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment