Cara Merancang Rumah Dengan AutoCAD Architecture ( bag 5 )

Posted by Iyan Supriyadi Minggu, 21 Juli 2013 11 komentar
Membuat pagar rumah pada pembahasan tutorial ini merupakan bagian 5 lanjutan dari tutorial Cara Merancang Rumah Dengan AutoCAD Architecture. Pembahasan mengenai membuat pagar rumah ini saya ambil sebagai tema materi yang saya bahas di artikel dikarenakan pada tulisan sebelumnya yaitu di Cara Merancang Rumah Dengan AutoCAD Architecture (bag 4) telah sampai pada tahap memodifikasi design dan konstruksi rumah yang ada. Anda bisa lihat gambar hasil terakhir design seperti di bawah ini : 
Design Exterior
Jika kita lihat pada gambar di atas, pondasi bangunan sudah terbentuk dan gaya bangunan sudah mulai tampak. Yang kita perlukan pada tahap ini adalah menyempurnakan tahap design rumah ini dengan sedikit modifikasi dan perubahan model sesuai dengan yang kita harapkan. Ok...tahap awal design exterior saya coba untuk membuat pagar yang sudah ada dimodifikasi dengan menggunakan slab dan konstruksi besi hollow. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Mengurangi ketinggian dinding pagar depan mejadi 750 mm dan memasangkan besi hollow, dengan cara :
  • Klik pada dinding pagar depan yang akan kita gunakan untuk di padukan dengan besi hollow. 
  • Lalu klik kanan, pilih properties dan ubahlah ketinggian pagar menjadi 750. 
  • Setelah hal diatas anda lakukan maka ketinggian pagar akan berkurang seperti terlihat pada gambar dibawah ini; 
Langkah selanjutnya kita pasangkan beberapa komponen besi hollow pada pagar yang telah kita kurangi ketinggiannya hingga menjadi terbentuk pagar minimalis seperti terlihat pada gambar dibawah ini, perhatikan !
Oh iya, agar semakin menambah menarik penampilan pagar, tambahkan juga slab pada coulom konstruksi pagar dan komponen guardrail seperti terlihat pada gambar dibawah ini : 
Lalu gunakan lagi komponen slab dan tambahkan pada jendela agar menambah kesan minimalis pada rancangan rumah tersebut, seperti yang tampak pada gambar dibawah ini.
Agar sirkulasi rumah anda buatlah tempat sirkulasi udara pada dinding tengah dan di atas roofing yang mempunyai sudut kemiringan 30 derajat sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini.
Bagaimana apakah Anda sudah mengerti ? ya saya yakin Anda pasti sudah mengerti dengan penjelasan saya di atas. Jika Anda langsung mempraktekan pembahasan ini maka sangat mungkin sekali anda akan bisa merancang rumah dengan menggunakan AutoCAD berdasarkan imajinasi anda sendiri dan berkharakter khas Anda. Ups .... sekali lagi saya mohon maaf, pada pembahasan kali ini juga terpaksa harus kita lanjutkan di lain waktu. Tetapi tetap saya katakan kepada Anda, jangan khawatir jika Anda sering berkunjung ke sini Anda pasti tidak akan ketinggalan lanjutan tutorial ini ...............Bersambung
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Merancang Rumah Dengan AutoCAD Architecture ( bag 5 )
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/07/Cara-Merancang-Rumah-dengan-autocad-architecture.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

11 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah keren gan, ada ga desain rumah sederhana buat lebar tanah 10x10 m? Thanks

Iyan Supriyadi mengatakan...

Ada gan, tapi tutorial dan desain rumah itu belum saya publikasikan diblog ini karena masih dalam proses pembangunan oleh sipemesan desain. Nanti jika proses pembangunan rumahnya sudah selesai baru bisa saya publikasikan. Ini kode etik jasa desain aja.

koeshariatmo mengatakan...

mantabs mas... saya belum sempat pakai autocad architecture.. masih pakai autocad biasa.. sepertinya lebih mudah ya dibandingkan autocad biasa?

Iyan Supriyadi mengatakan...

Wah...Mas Koeshariatmo terima kasih atas kunjungannya. Untuk penggambaran atau perancangan bangunan menurut saya memang lebih mudah menggunakan AutoCAD Architecture, karena pada versi ini Autodesk memfokuskan penggunaannya untuk design arsitektur. Tool dan fungsi-fungsi pada versi ini sangat detail dan lebih kompleks sesuai dengan bidang Arsitektur.

Anonim mengatakan...

sayang sekali semasa saya belajar teknik dulu, program AutoCad belum ada, mungkin saya harus belajar kembali. Oh ya, dimana saya bisa dapet program AotoCad seperti punya agan? Terima kasih sebelumnya

Iyan Supriyadi mengatakan...

Klo mau gratis softwarenya bisa didownload di situs resmi Autodesk di link ini http://students.autodesk.com/?nd=download_center. Daftar aja pakai email dengan status student nanti kita di kasih serial number resmi dan gratis untuk versi student. Terima kasih atas kunjungan Anda.

Chorul Anwar (ChAn) mengatakan...

Terima kasih telah berbagi ilmu, semoga diberi tambahan rejeki yang banyak. Amin

Iyan Supriyadi mengatakan...

Amin...terima kasih juga atas doa dan kunjungannya, semoga apa yang saya tulis di sini dapat bermanfaat untuk orang lain.

Andiekaterate pj mengatakan...

terima kasih gan dua jempol gan artikelnya...

Iyan mengatakan...

Sama-sama, terima kasih juga atas kunjungannya.

Unknown mengatakan...

Saya tidak berhasil saat memasukkan material ke dinding yg saya buat di autocad architectural. Teksture material tidak muncul saat saya view di realpict. Boleh tanya harus bagaimana ya?

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment