Cara Menggunakan Perintah Extend Pada AutoCAD

Posted by Iyan Supriyadi Sabtu, 23 Februari 2013 5 komentar
Beberapa perintah yang pastinya sangat perlu kita gunakan saat menggambar menggunakan Softwafe AutoCAd salah satunya adalah perintah Extend. Perintah Extend berfungsi untuk menggabungkan dua atau lebih garis yang tidak terhubung menjadi terhubung. Contoh kasusnya misalkan ketika kita telah membuat gambar dan ternyata pada beberapa garis tertentu terlihat tidak terhubung sedangkan ketika kita akan memberikan nilai ukurannya itu akan sangat berpengaruh karena nilai ukurnya menjadi tidak actual. Pada situasi ini jika menurut kita dengan membuat garis baru akan membutuhkan waktu yang lama maka solusi yang mungkin bisa kita gunakan yaitu memberikan perintah extend pada garis tersebut. Ok, untuk contoh mari kita coba perhatikan penjelasan di bawah ini.
Dalam kasus ini saya berikan contoh terdapat 2 garis yang terpisah atau tidak terhubung yaitu garis A dan garis B, kemudian akan saya hubungkan dengan menggunakan perintah Extend. Lihat gambar di bawah ini untuk detailnya : 

Lalu ketikkan perintah extend di command bar : seperti terlihat pada gambar dibawah ini 

Perintah selanjutnya select object or <select all> : sampai disini anda diminta untuk memilih object yang akan dijadikan sebagai garis batasnya. Pada contoh ini garis A yang saya jadikan sebagai garis batasnya dan garis B adalah garis yang akan saya hubungkan ke garis A. 
Maka awalnya anda klik terlebih dahulu garis A lalu tekan enter 
Gambar klik garis A
Setelah di Extend maka garis akan otomatis terhubung

Nah cukup mudah bukan ? perintah extend ini juga bisa digunakan langsung untuk beberapa garis tidak hanya satu garis saja. Langkahnya sama seperti yang sudah saya jelaskan di atas cukup klik semua garis yang akan di extend .  

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Cara Menggunakan Perintah Extend Pada AutoCAD
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/02/cara-menggunakan-perintah-extend-pada.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

5 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah mkasih banget gan info nya , sangat2 bermanfaat buat newbie blog seperti saya ..

Iyan Supriyadi mengatakan...

Thx juga, atas kunjungannya

Unknown mengatakan...

kayaknya saya perlu banyak balajar nih kalo masalah autocad,, maklum belum pernah nyoba sih -__-

Iyan Supriyadi mengatakan...

Ya semua memang awalnya dari belajar sehingga kita menjadi mengerti gan....., terima kasih atas kunjungannya gan.

KERAMAT TASTE mengatakan...

mengapa fungsi ex di autocad saya lebih sering tidak berfungsi ya? apakah ada tombol yang perlu di on/off kan? terima kasih

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment