Panduan Dasar Membuat Obyek 3D
Senin, 11 Maret 2013
5
komentar
Membuat Obyek
3D Solid
Dalam pembahasan ini, anda akan saya tuntun untuk belajar cara membuat solid primitive obyek 3D dalam ruang kerja 3D
Modeling. Anda dapat menggunakan benda
padat standar obyek 3D yang dikenal sebagai primitif solid untuk membuat kotak,
kerucut, silinder, bola, torus, wedge, dan piramida.
Untuk
membuat obyek solid 3D ini, beralihlah ke ruang kerja 3D Modeling, di mana
palet dan panel ribbon disesuaikan untuk membuat dan memodifikasi model obyek 3D
solid.
Cara beralih ke ruang kerja Model 3D adalah sebagai berikut
:
- Pada status bar, di bagian bawah area gambar, klik tombol Workspace Switching.
- Pada menu Workspace klik 3D modelling.
Ruang
kerja 3D Modeling yang ditampilkan.
Dalam ruang kerja ini, anda dapat mengakses berbagai perintah dan peralatan
yang diperlukan untuk membuat gambar 3D.
Di bawah saya akan berikan beberapa contoh yang bisa anda praktekan untuk membuat sebuah obyek 3D berikut penjelasan langkahnya.
1. Membuat kotak
Anda dapat membuat kotak persegi panjang yang solid atau kubus.
Obyek kotak dapat membentuk struktur dasar yang dapat anda ubah ukuran atau gabungkan
dengan obyek lain.
Langkah-langkah berikut menjelaskan cara membuat kotak.
- Pada ribbon, klik Home tab ➤ View panel ➤ Visual Styles drop-down ➤ Conceptual.
- Pada ribbon, klik Home tab ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Box.
- Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.
- Pada prompt, masukkan @ 8,8 untuk sudut yang berlawanan dan tekan Enter.
- Pada prompt, masukkan 5 untuk tinggi dan tekan Enter. Dasar kotak selalu digambar sejajar dengan bidang XY dari UCS saat ini (workplane). Ketinggian kotak ditentukan dalam arah sumbu Z.
- Anda dapat memasukkan kedua nilai positif dan negatif dari ketinggian. Pada 6 ViewCube, yang terletak di sudut kanan atas jendela gambar, klik Top, Front, Left, dan Right untuk bernavigasi di seluruh lembar.
Untuk informasi lebih lanjut tentang
ViewCube, lihat pada tutorial AutoCAD:
Menjelajahi Model dengan ViewCube.
2. Membuat sebuah silinder.
Anda dapat membuat silinder dengan dasar
lingkaran atau elips
Langkah-langkah berikut ini menjelaskan
cara untuk membuat sebuah silinder.
- Pada ribbon, klik tab Home ➤Modeling panel ➤Solid Primitives drop-down ➤ Cylinder.
- Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.
- Pada prompt, masukkan 5 untuk radius dan tekan Enter.
- Pada prompt, masukkan 8 untuk tinggi dan tekan Enter.
3. Membuat kerucut
Anda dapat membuat kerucut dengan dasar
lingkaran atau elips.
Langkah-langkah berikut menjelaskan cara
membuat kerucut.
- Pada pita, klik Home tab ➤ Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Cone.
- Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.
- Pada prompt, masukkan 7 untuk radius dan tekan Enter.
- Pada prompt, masukkan 5 untuk tinggi dan tekan Enter.
4. Membuat torus
Anda dapat membuat cincin berbentuk
primitif dasar solid obyek 3D yang menyerupai ban dalam dari ban. Torus A memiliki
dua nilai radius. Salah satu nilai mendefinisikan tabung. Nilai lainnya
mendefinisikan jarak dari pusat torus ke pusat tabung.
Langkah-langkah berikut menjelaskan cara
membuat torus.
- Pada pita, klik tab Home ➤Modeling panel ➤ Solid Primitives drop-down ➤ Torus.
- Pada prompt, klik setiap titik dalam gambar untuk menentukan titik dasar.
- Pada prompt, masukkan 8 untuk radius dan tekan Enter.
- Pada prompt, masukkan 3 untuk radius tabung dan tekan Enter.
Demikian panduan dasar ini semoga dapat berguna untuk anda yang baru memulai untuk mempelajari teknik pembuatan obyek 3D. Selain dengan menggunakan teknik ini masih banyak cara-cara yang dapat kita lakukan untuk membuat obyek 3D. Salah Satunya adalah Membuat Obyek 3D sederhana dari obyek 2D dan hal ini akan saya bahas penjelasannya pada tutorial saya selanjutnya.
Jika anda tertarik dengan tutorial ini silahkan
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Panduan Dasar Membuat Obyek 3D
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2013/03/panduan-dasar-membuat-obyek-3d.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
5 komentar:
XIXIXXIXIXI angkat tangan ane
bagus gan,
tapi ane paling sering pake sotoshop and corel
Iya setiap software punya spesialisasinya masing-masing, sedangkan untuk pembuatan gambar - gambar yang berupa teknik di anjurkan pakai AutoCAD
wah.. pengen deh buat 3d coment back sukses
makasih kunjungannya gan !!!
Posting Komentar