Cara Menggunakan Fungsi Fillet Pada AutoCad

Posted by Iyan Supriyadi Selasa, 27 November 2012 0 komentar
Salah satu perintah pada AutoCad adalah FILLET yang berfungsi untuk membuat garis busur pada dua segmen yang berpotongan. Saat menggunakan perintah fillet tersebut, hal yang harus kita perhatikan yaitu pengaturan jari - jari ( radius ) sesuai dengan yang kita inginkan karena pengaturan besarnya radius tersebut akan berdampak pada besarnya garis busur fillet tersebut. Untuk lebi jelasnya coba perhatikan...

Baca Selengkapnya ....

Cara Membuat Piston 3D Pada AutoCad

Posted by Iyan Supriyadi Senin, 26 November 2012 0 komentar
Piston 3D. Pada artikel kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat sebuah piston 3D pada program AutoCad. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan dalam membuat piston 3D pada program AutoCad, semua tergantung bagaimana kita memahami tools yang ada dalam program AutoCad sehingga kita dapat menggunakannya secara maximal. Dalam artikel pembuatan piston ini saya akan lebih banyak menggunakan...

Baca Selengkapnya ....

CARA MEMBUAT RODA GIGI 3D PADA PROGRAM AUTOCAD

Posted by Iyan Supriyadi 0 komentar
Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menggambar roda gigi secara 3D pada program autocad. Untuk pembahasan kali ini saya akan coba menjelaskan langkah – langkahnya untuk anda agar dapat dipelajari dan dibuat sebagai bahan latihan. Namun perlu saya jelaskan di sini bahwa ukuran yang akan saya gunakan dalam membuat gambar roda gigi ini adalah bukan ukuran yang sesungguhnya, karena dalam...

Baca Selengkapnya ....

Pemahaman Fungsi Thickness Pada AutoCad 3D

Posted by Iyan Supriyadi Minggu, 25 November 2012 0 komentar
Thickness adalah cara sederhana untuk membuat sebuah objek 2D menjadi 3D atau secara fungsinya adalah memberikan sebuah ketebalan tertentu pada sebuah objek 2D. Caranya adalah pada sebuah gambar 2D, sumbu x dan y diberikan ketebalan ke arah sumbu z. Cara penggunaannya langsung diikuti pada perintah menggambar beberapa objek misal rectangle atau melalui Object Properties. Thickness positif ke arah...

Baca Selengkapnya ....

Sistem Penulisan Koordinat 3D

Posted by Iyan Supriyadi Sabtu, 24 November 2012 0 komentar
AutoCad memberi alternatif dalam memasukan koordinat pada bidang gambar. Sistem Koordinat Cartesian 3D ( X,Y,Z ) Pada sistem ini kita dapat secara langsung menentukan poin koordinat x, y, dan z. Misalnya : Command: line Specify first point: 0,0,0 Specify next point or [Undo]: 10,20,30 Specify next point or [Undo]: ( enter ) Koordinat Cartesia...

Baca Selengkapnya ....

Memahami Sumbu Koordinat Gambar 3D

Posted by Iyan Supriyadi 0 komentar
Dalam 2D kita hanya mengenal 2 sumbu yaitu x dan y. Model 3D terdiri dari 3 sumbu, yaitu x, y, dan z, dimana kita bekerja dengan 3 titik koordinat. Tetapi dalam beberapa hal kita masih membutuhkan teknik 2D dalam 3D, misalkan kita membentuk objek 2D menjadi bentuk objek 3D. Sumbu dan arah rotasi 3D Pada gambar di atas, perputaran sudut positif (+) adalah arah sumbu positif berlawanan dengan arah...

Baca Selengkapnya ....

Aturan Menggambar Benda Potongan ( Irisan )

Posted by Iyan Supriyadi Selasa, 20 November 2012 1 komentar
Dalam menggambar sebuah benda ke bidang 2D di tetapkan pula aturan - aturan yang berlaku secara internasional. Salah satu nya adalah aturan untuk menggambar sebuah benda potongan atau irisan. Tidak jarang ditemui benda-benda dengan rongga-rongga di dalamnya. Untuk menggambarkan bagian - bagian ini dipergunakan garis gores, yang menyatakan garis tersembunyi. Jika hal ini di laksanakan secara taat...

Baca Selengkapnya ....

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.