Memahami Sumbu Koordinat Gambar 3D

Posted by Iyan Supriyadi Sabtu, 24 November 2012 0 komentar
Dalam 2D kita hanya mengenal 2 sumbu yaitu x dan y. Model 3D terdiri dari 3 sumbu, yaitu x, y, dan z, dimana kita bekerja dengan 3 titik koordinat. Tetapi dalam beberapa hal kita masih membutuhkan teknik 2D dalam 3D, misalkan kita membentuk objek 2D menjadi bentuk objek 3D.
Sumbu dan arah rotasi 3D
Pada gambar di atas, perputaran sudut positif (+) adalah arah sumbu positif berlawanan dengan arah jarum jam. Tetapi kita dapat mengatur sesuai keinginan kita. Cara paling mudah untuk membayangkan sumbu - sumbu pada 3D adalah dengan menggunakan kaidah tangan kanan kita.


Arah rotasi di wakili oleh jari manis dan kelingking pada sumbu x atau genggaman tangan menunjukan arah rotasi.
Sebelum kita memasuki perintah - perintah menggambar 3D dan proses editingnya, kita sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut ini.

SISTEM KOORDINAT
  • Koordinat Absolut
Metode ini digunakan dengan kita memasukan langsung koordinat sesuai dengan koordinat bidang gambar, yaitu koordinat x, y, z.
Adapun cara penulisannya seperti contoh di bawah ini :

Command: line
Specify first point: 0,0,0
Specify next point or [Undo]: 10,20,30
Specify next point or [Undo]: ( enter )

Penulisan perintah diatas dapat diartikan sebagai berikut :
Baris pertama,  Command: line , yaitu kita ingin membuat sebuah garis dengan mengetikan line didalam command bar.
Baris kedua, Specify first point: 0,0,0 . yaitu kita diminta untuk menentukan secara spesifik koordinat yang ditentukan untuk titik pertama dari garis yang akan kita buat. Pada contoh diatas menunjukan titik pertama garis yang akan kita buat berada pada nilai 0 untuk sumbu X, nilai 0 untuk sumbu Y, dan nilai 0 untuk sumbu Z.
Baris ketiga, Specify next point or [Undo]: 10,20,30. Yaitu kita diminta untuk menentukan spesifik koordinat yang ditentukan untuk titik selanjutnya dari garis tersebut. Pada contoh diatas menunjukan titik selanjutnya pada garis yang akan kita buat berada pada jarak 10 untuk sumbu X, jarak 20 untuk sumbu Y, dan jarak 30 untuk sumbu Z. Maka kesimpulan dari teknik penulisan koordinat tersebut adalah garis ( line ) dimulai dari koordinat 0,0,0 dan diakhiri pada koordinat 10,20,30.
  • Koordinat Relatif 
Metode ini digunakan dengan kita memasukan nilai awal koordinat pada sembarang koordinat ( klik koordinat ) dan koordinat selanjutnya menggunakan koordinat akhir sebagai acuan. Atau kita membayangkan koordinat terakhir kita buat menjadi koordinat origin ( 0,0,0 ).

Command: line
Specify first point:
Specify next point or [Undo]: @10,40,50
Specify next point or [Undo]: 

Line dimulai dari sembarang koordinat dan diakhiri pada koordinat 10,40,50 dengan koordinat sembarang tersebut sebagai origin ( 0,0,0 ) bayangan,


Jika anda tertarik silahkan download artikel ini
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Memahami Sumbu Koordinat Gambar 3D
Ditulis oleh Iyan Supriyadi
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://teknikautocad.blogspot.com/2012/11/memahami-gambar-3d.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 komentar:

Posting Komentar

Facebook Page

trikmudahseo.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of Teknik AutoCAD.

Recent Coment